Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Aset » Sekretariat » Bidang Aset Daerah Menjadi Narasumber Diklat Pengelolaan Aset

Bidang Aset Daerah Menjadi Narasumber Diklat Pengelolaan Aset

Posted at November 9th, 2018

Saat ini pengelolaan aset menjadi perhatian seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Blora. Pengelolaan aset daerah yang tertib, transparan dan akuntabel diharapkan mampu memberikan pertanggungjawaban dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat.  Selain itu, pengelolaan aset yang baik mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Blora mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih sebanyak empat kali.

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan aset daerah yang transparan dan akuntabel, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengadakan Diklat Teknis Pengelolaan Aset Pola Kemitraan Pemerintah Kabupaten Blora dengan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah tahun 2018. Acara yang diadakan pada tanggal 5-9 November 2018 ini diadakan di Hotel Almadina Jalan Alon-alon Barat No. 1 Blora. Adapun peserta diklat adalah seluruh pejabat eselon IV pengelola BMD di seluruh OPD.

Bidang Aset Daerah BPPKAD Kab. Blora turut ambil bagian dalam Diklat Teknis Pengelolaan Aset yang baru pertama kali diadakan ini. Menindaklanjuti surat dari BKD Blora Nomor 893.3/2018 tentang Permohonan Narasumber, Bidang Aset Daerah mengirimkan tiga orang personel untuk memberikan materi diklat tentang Sistem Akuntansi Aset Daerah, Penghapusan dan Pemusnahan, serta Perencanaan, Pengadaan dan Status Penggunaan Aset.

Pada hari rabu tanggal 7 November 2018, materi Sistem Akuntansi Aset Daerah disampaikan oleh Rudy Tri Hermawan, SE, M.Acc, Ak, CA, staf Bidang Aset Daerah. Dalam materi ini narasumber menjelaskan definisi aset tetap, pengakuan dan penilaian aset tetap, kapitalisasi aset tetap, Subsequent Expenditure, dan penyusutan aset tetap..

Selanjutnya, pada hari kamis tanggal 8 November 2018, ada dua narasumber dari Bidang Aset Daerah yang memberikan materi diklat. Sesi pertama disampaikan oleh Kepala Bidang Aset Daerah, Drs. Heru Eko Wiyono, M.Si dengan materi Pemusnahan dan Penghapusan. Materi yang disampaikan dalam sesi ini antara lain: definisi pemusnahan dan penghapusan serta prosedur pemusnahan dan penghapusan.

Narasumber terakhir dari Bidang Aset Daerah adalah Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi Aset, Sri Widayaningsih, S.Si, M.Si dengan materi Perencanaan, Pengadaan dan Status Penggunaan Aset. Dalam sesi ini Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi Aset menekankan pentingnya perencanaan dalam pengelolaan BMD. Pada tahun ini, Bidang Aset Daerah menindaklanjuti dengan penyusunan RKBMD yang dibuat oleh seluruh OPD. Selain membahas perencanaan, ibu Sri Widayaningsih mengingatkan bahwa pengadaan BMD harus sesuai dengan Permendargi Nomor 19 Tahun 2016 yang berprinsip efisien, efektif, transparan dan terbuka, bersaing, adil dan akuntabel. (RTH/Yud)

Click here for more information about "Bidang Aset Daerah Menjadi Narasumber Diklat Pengelolaan Aset"

Related post to Bidang Aset Daerah Menjadi Narasumber Diklat Pengelolaan Aset


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora