Website Resmi Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Akuntansi » BPPKAD Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Petugas Akuntansi

BPPKAD Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Petugas Akuntansi

Posted at May 31st, 2018

Sleman-BPPKAD Kabupaten Blora mengadakan pelatihan bagi petugas akuntansi se- Kabupaten Blora. Pelatihan diselenggarakan di Hotel D’Salvatore Sleman, pada Senin, 14 Mei 2018.

Acara dibuka oleh Kepala BPPKAD Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi, S.E.,M.Si. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya kualitas sumber daya manusia yang terkait dengan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. “Kunci keberhasilan tercapainya Laporan Keuangan yang baik adalah kapasitas Sumber Daya Manusia yang memadai dalam suatu OPD,” ujarnya.

Lebih lanjut mantan Asisten III Setda Kabupaten Blora ini menegaskan bahwa salah satu cara yang dapat mempengaruhi kapasitas sumber daya manusia (SDM) antara lain pendidikan, pelatihan, dan pengalaman. Untuk itu, BPPKAD selaku pengampu petugas akuntansi Se-Kabupaten Blora merasa memiliki tanggung jawab moral untuk mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas tersebut.

Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari ini diisi dengan kegiatan penyampaian materi dari akademisi Ibu Sucahyo Heriningsih S.E., M.Si., C.A dan studi banding ke Kabupaten Sleman. Materi yang dipaparkan oleh narasumber lebih ditekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan laporan keuangan, seperti pendapatan dan piutang, koreksi kesalahan dan isu-isu seputar persediaan.

Pada hari kedua, peserta diajak studi banding ke Kabupaten Sleman untuk transfer pengetahuan (knowledge sharing) atas capaian Kabupaten sleman mempertahankan opini WTP dari BPK atas  Laporan Keuangannya selama tujuh kali berturut-turut. Eko Yuliati, S.E., M.S.E., M.Sc., Akt.

Selaku  Kabid Akuntansi sekaligus pemateri memaparkan tentang strategi dan kebijakan penyusunan Laporan Keuangan Pemkab Sleman, diantaranya Pembinaan kepada pengelola keuangan (dengan cara mengadakan Rakor, Bimtek, Diklat, dll), Pendampingan penyusunan Laporan Keuangan kepada OPD, Penerbitan Juknis Penyusunan Laporan Keuangan OPD, Pembentukan Pokja untuk mengkaji Laporan Keuangan yang disusun oleh OPD, dan juga Rekon aset.

Disamping itu, untuk meningkatkan kualitas atas Laporan Keuangannya, Kabupaten Sleman juga menerapkan beberapa aplikasi dalam pelaporan Keuangannya, seperti Sistem Informasi Akuntansi Dinas Daerah (SIADINDA) untuk OPD, Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMAKDA) untuk PPKD dan Konsolidasian Pemda, Sistem Informasi Manajemen Aset (SIMASET), Sistem Informasi Sediaan (SIDIAN) dan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Asli Daerah (SIMPAD).

Diakhir acara, dilakukan penyerahan cinderamata dari Pemkab Blora kepada Pemkab Sleman sebagai wujud ucapan terima kasih atas transfer pengetahuan yang telah diberikan kepada para petugas akuntansi  Kabupaten Blora.

Disamping itu, sebagai wujud penghargaan kepada petugas akuntansi yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam menyusun Laporan Keuangan, BPPKAD Kab Blora dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Akuntansi Ibu Susi Widyorini, S.E., M.M. juga memberikan bingkisan kepada tiga petugas akuntansi yang berkinerja terbaik, yaitu  Petugas Akuntansi Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan, Petugas Akuntansi Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, dan Petugas Akuntansi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.(wa-one)

Click here for more information about "BPPKAD Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Petugas Akuntansi"

Tags »

Write your comment about BPPKAD Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Petugas Akuntansi

Related post to BPPKAD Adakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Petugas Akuntansi

Best Posts


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora