Website Resmi Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Aset » Sekretariat » Hari Kedua Pelaksanaan Bimbingan Teknis Bagi Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora

Hari Kedua Pelaksanaan Bimbingan Teknis Bagi Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora

Posted at May 10th, 2018

Masih dalam rangkai kegiatan “Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengelola Aset Daerah Tahun 2018”, acara pada hari kedua adalah penyampaian materi bimbingan teknis yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan narasumber yang berasal dari FEB UGM, Ahmad Amin, S.E., M.Sc., Akt., CA dan dimoderatori oleh Rudy Tri Hermawan, SE, M.Acc, Ak, CA, staf Bidang Aset Daerah BPPKAD Kab. Blora. Tema yang dibahas pada sesi ini adalah penyusutan aset tetap.

Dalam kesempatan tersebut, bapak Ahmad Amin menyampaikan pentingnya peran pengurus barang dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

“Peran bapak/ibu sekalian penting dalam penyusunan LKPD sehingga meraih opini WTP. Mungkin pengelolaan keuangan sudah baik tetapi pemeriksa akan selalu fokus pada pengelolaan aset” ucap dosen Jurusan Akuntansi FEB UGM ini. Selanjutnya, bapak Ahmad Amin menjelaskan tentang penyusutan aset tetap. Penyusutan aset tetap dilakukan sejalan dengan amanat PP No. 71 Tahun 2010 tentang Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual.

Peserta nampak antusias mendengarkan penjelasan narasumber. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan terkait pengelolaan BMD dan penyusutan aset tetap. Tepat pukul 10.00 WIB sesi pertama diakhiri. Selanjutnya, peserta dipersilahkan untuk menikmati hidangan selama coffee break.

Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Syarifudin Ari Wobowo, praktisi dari BPKAD Pemkot Jogja dengan moderator Wawan Dedi Marahendra, SE, M.A, staf Bidang Akuntansi BPPKAD Kab. Blora. Tak kalah dengan sesi sebelumnya, peserta juga nampak antusias mengikuti pemaparan narasumber tentang pengelolaan BMD di wilayah Pemkot Jogja. Bapak Syarifudin Ari Wobowo menjelaskan secara detil ruang lingkup pengelolaan BMD sesuai Permendagri No. 19 Tahun 2016.

Tepat pukul 12.00 WIB sesi kedua berakhir. Acara berikutnya adalah penutupan kegiatan “Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengelola Aset Daerah Tahun 2018”. Penutupan acara ini dilakukan oleh bapak Drs. Heru Eko Wiyono, M.Si selaku ketua panitia. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih sebesarnya kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga acara bimbingan teknis ini bisa berlangsung dengan baik. Lebih lanjut, bapak Heru mengharapkan seluruh Pengurus Barang yang hadir dapat membawa wawasan baru terkait Pengelolaan BMD yang nantinya dapat diterapkan di OPD masing-masing. Pada pukul 12.15 acara “Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengelola Aset Daerah Tahun 2018” secara resmi ditutup. Selanjutnya, seluruh peserta dipersilakan untuk menikmati makan siang dan mempersiapkan diri untuk kembali ke Blora. (rth)

Berikut kami umumkan tiga peserta terbaik kegiatan“Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengelola Aset Daerah Tahun 2018” yaitu:

  • Peserta terbaik I: M. Harjono, Dinas Pendidikan Kab. Blora
  • Peserta terbaik II: M. Farid R., Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Blora
  • Peserta terbaik III: Arifin, Dinas Kesehatan Kab.Blora

Hadiah bagi peserta terbaik dapat diambil di Bidang Aset Daerah BPPKAD Kab. Blora (Ibu Wiwid) pada jam kerja.

Click here for more information about "Hari Kedua Pelaksanaan Bimbingan Teknis Bagi Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora"

Write your comment about Hari Kedua Pelaksanaan Bimbingan Teknis Bagi Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora

Related post to Hari Kedua Pelaksanaan Bimbingan Teknis Bagi Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora