Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Aset » Sekretariat » Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah

Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah

Posted at May 10th, 2018

Bertempat di Hotel Inna Garuda Yogyakarta pada tanggal 8-9 Mei 2018, Bidang Aset Daerah BPPKAD Kab. Blora menyelenggarakan kegiatan “Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengelola Aset Daerah Tahun 2018”. Acara yang dihadiri oleh seluruh Pengurus Barang OPD se-Kabupaten Blora ini diadakan untuk menambah wawasan Pengurus Barang dan meningkatkan koordinasi antara Pengurus Barang OPD dengan Bidang Aset Daerah BPPKAD Kab. Blora.

Rangkaian kegiatan “Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengelola Aset Daerah Tahun 2018” dibagi dalam dua hari. Hari pertama tanggal 8 Mei 2018 diadakan pembukaan acara dan pengarahan dari pejabat BPPKAD. Selanjutnya, pada hari kedua tanggal 9 Mei 2018 diadakan penyampaian materi bimbingan teknis dari narasumber yang ditelah ditunjuk.

Tepat pada pukul 16.00 WIB, acara pembukaan dimulai. Drs. Heru Eko Wiyono, M.Si selaku ketua panitia melaporkan bahwa acara tersebut dihadiri lebih dari 90 peserta yang meliputi Pengurus Barang OPD, pendamping dari Bidang Aset Daerah, dan unsur pimpinan. Setelah ketua panitia menyampaikan laporannya, berikutnya Bapak Sekda Kab. Blora memberikan sambutan. Dalam sambutan yang disampaikan, beliau menyampaikan pentingnya peran Pengurus Barang OPD dalam pengelolaan Barang Milik Daerah dan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kab. Blora. Bersama-sama dengan Petugas Akuntansi dan Bendahara Pengeluaran, Pengurus Barang harus dapat bersinergi dalam pengelolaan BMD yang transparan dan akuntabel. Selain itu Sekda Kab. Blora juga menyampaikan bahwa Kepala Perangkat Daerah selaku Pengguna Barang harus memperhatikan posisi Pengurus Barang. Pengurus Barang bukan lagi orang yang terpinggirkan dan tidak mempunyai pekerjaan tetapi menjadi orang-orang yang diandalkan oleh perangkat daerah dalam mengelola BMD di lingkungan OPD masing-masing.

Lebih lanjut, Drs. Bondan Sukarno, MM. mengharapkan peserta bimtek dapat menggunakan kesempatan yang baik tersebut dengan sebaik-bainya. Apabila ada kesulitan dalam pengelolaan BMD agar disampaikan kepada narasumber atau panitia dari BPPKAD. Setelah menyampaikan sambutannya, Sekda Kab. Blora membuka acara tersebut secara resmi didampingi oleh Kepala BPPKAD dan ketua panitia.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Kepala BPPKAD Kab. Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, bapak Komang Gede Irawadi kembali menegaskan pentingnya posisi pengurus barang yang sebelumnya telah disampaikan oleh bapak Sekretaris Daerah. Beliau juga menyampaikan perlu adanya perubahan paradigma posisi Pengurus Barang. Saat ini tidak boleh lagi ada pemikiran bahwa Pengurus Barang adalah orang yang “terkotak”. Di samping itu, Kepala BPPKAD juga mengatakan bahwa pekerjaan sebagai Pengurus Barang bukan pekerjaan sampingan. Pengurus Barang mempunyai peran yang sangat penting bagi Kab. Blora dalam mempertahankan opini WTP. Terakhir, bapak Komang mengharapkan Pengurus Barang melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam mengelola BMD di OPD masing-masing.

Sebelum acara hari pertama diakhiri, Kabid Aset Daerah, Drs. Heru Eko Wiyono, M.Si memberikan pengarahan tentang pentingnya ijin bongkar dari OPD kepada Sekretaris Daerah selaku Pengelola Barang. Kabid Aset Daerah juga mengharapkan agar BMD yang diserahkan kembali kepada Pengelola Barang dalam keadaan masih baik. Namun demikian, kondisi yang terjadi saat ini banyak OPD menyerahkan asetnya dalam keadaan rusak berat.

Tepat pada pukul 18.15 acara hari pertama diakhiri. Selanjutnya, peserta dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan oleh panitia sebelum meninggalkan ruang pertemuan. (rth)

Kategori: Aset, Sekretariat.

Click here for more information about "Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah"

Related post to Pengurus Barang OPD se-Kab. Blora Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora