Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Aset » Sekretariat » Rapat Persiapan Penyusunan RKBMD Kabupaten Blora Tahun 2019

Rapat Persiapan Penyusunan RKBMD Kabupaten Blora Tahun 2019

Posted at October 11th, 2018

Blora-Pada tanggal 8-11 Oktober 2018 Bidang Aset Daerah BPPKAD Kab. Blora mengadakan Rapat Persiapan Penyusunan RKBMD (Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah) Tahun 2019. Bertempat di ruang pertemuan lantai tiga BPPKAD, rapat ini dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Program, Kepala Sub Bagian Umum dan Pengurus Barang OPD se-Kabupaten Blora.

Rapat dibuka oleh Drs. Heru Eko Wiyono, M.Si selaku Kepala Bidang Aset Daerah BPPKAD pada pukul 09.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Aset Daerah menyampaikan pentingnya penyusunan RKBMD setiap tahun. “Penyusunan RKBMD disusun setiap tahun setelah Renja ditetapkan. Apabila tahun-tahun sebelumnya kami yang membuat RKBMD maka mulai tahun 2019 seluruh OPD menyampaikan usulan RKBMD kepada Pengelola Barang. Hal ini sesuai dengan Permendagri NomoR 19 Tahun 2016”.

Lebih lanjut, Kabid Aset Daerah mengatakan bahwa usulan RKBMD ini memerlukan sinergi tiga pihak, yaitu: Kepala Sub Bagian Program, Kepala Sub Bagian Umum dan Pengurus Barang. Hal ini diperlukan agar pengadaan barang berlangsung transparan. “Kami harapkan ada sinergi antara Kepala Sub Bagian Program, Kepala Sub Bagian Umum dan Pengurus Barang. Semua ini dilakukan agar transparan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan”.

Kabid Aset Daerah juga membahas tentang kondisi barang yang diusulkan penghapusan oleh OPD kepada Pengelola Barang. Dalam usulan penghapusan hendaknya OPD memperhatikan kondisi barang terutama kendaraan bermotor. “Kami mengharapkan OPD yang mengusulkan penghapusan memperhatikan kondisi barang terutama kendaraan bermotor. Jangan sampai motor yang dikirimkan kepada kami kondisinya tidak lengkap. Sebagai contoh: kami menerima motor yang tidak ada rodanya. Ada juga OPD mengirimkan motor tanpa setir. Pada masa mendatang hal ini tidak boleh terjadi lagi”.

Acaranya selanjutnya, peserta diajak untuk berlatih mengisi format usulan RKMBD yang dipandu oleh Ibu Sri Widayaningsih, S.Si, M.Si selaku Kepala Sub Bidang Inventarisasi Aset. Peserta nampak antusias mengikuti semua arahan yang disampaikan. Setelah acara tersebut selesai, seluruh OPD diharapkan membuat usulan RKBMD dan diserahkan kepada Bidang Aset Daerah. (rth)

Click here for more information about "Rapat Persiapan Penyusunan RKBMD Kabupaten Blora Tahun 2019"

Related post to Rapat Persiapan Penyusunan RKBMD Kabupaten Blora Tahun 2019


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora