Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Aset » Sekretariat » Rapat Usulan Penghapusan Aset Tak Berwujud

Rapat Usulan Penghapusan Aset Tak Berwujud

Posted at May 20th, 2019

Bertempat di Ruang Rapat lantai 3 BPPKAD Kab. Blora, pada tanggal 20 Mei 2019 Bidang Aset Daerah mengadakan Rapat Usulan Penghapusan Aset tak Berwujud (ATB). Rapat yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut dibuka oleh Kasubbid Pengelolaan Aset. Sebagai pengantar pembukaan, Kasubbid Pengelolaan Aset menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus barang yang hadir dalam rapat tersebut.

Selanjutnya, Kasubbid Pengelolaan Aset menyampaikan bahwa tujuan diadakannya rapat ini adalah untuk meminta penjelasan alasan penghapusan ATB dari masing-masing OPD. Selain itu, Bidang Aset juga memastikan bahwa usulan ATB yang masuk sudah sesuai dengan usulan penghapusan dari OPD.

Setelah Kasubbid Pengelolaan Aset menyampaikan pengantar pembukaan rapat, berikutnya Kabid Aset Daerah menyampaikan sambutan. Kabid Aset Daerah menyampaikan pentingnya penghapusan ATB. Saat ini Bidang Aset Daerah sudah selesai menyusun Peraturan Bupati tentang Penghapusan ATB. Dengan adanya regulasi tersebut maka penghapusan ATB sudah ada dasar hukumnya.

Pada masa mendatang diharapkan penghapusan ATB bisa terus dilakukan. Dalam waktu dekat, Bidang Aset Daerah akan mengundang pengurus barang dan kasubbad umum kepegawaian untuk menghadiri Sosialisasi Peraturan Bupati tentang Penghapusan ATB. Mengingat pentingnya acara tersebut, Kabid Aset Daerah mengharapkan pengurus barang dan kasubbag umum kepegawaian OPD bisa hadir.

Setelah Kabid Aset Daerah menyampaikan pengarahan, Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi melanjutkan acara berikutnya dengan memberikan tambahan penjelasan tentang penghapusan ATB. Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi menyampaikan bahwa penghapusan ATB di daerah lain mengikuti penghapusan aset tetap berwujud yang ada pada Permendagri 19 tahun 2016 dan PP 27 tahun 2014 sehingga tidak diperlukan regulasi khusus yang mengatur tentang penghapusan ATB.

Namun demikian, Pemkab Blora mempunyai pandangan lain bahwa penghapusan ATB harus ada regulasinya karena karakteristik ATB berbeda dengan aset tetap berwujud. Selain itu, Peraturan Bupati tentang Penghapusan ATB digunakan sebagai acuan setiap proses penghapusan. Meskipun yang dihapus adalah ATB tetapi harus ada media yang dimusnahkan. Artinya, ATB berbentuk software/website yang akan diserahkan kepada Bidang Aset Daerah diwujudkan dalam media CD.

Sebagai acara inti, seluruh pengurus barang OPD yang hadir menjelaskan alasan mengapa mengusulkan penghapusan ATB. Klarifikasi tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa ATB yang diusulkan sudah sesuai dengan data yang masuk ke Bidang Aset Daerah. Setelah mendapatkan penjelasan tentang alasan penghapusan ATB maka Bidang Aset Daerah segera melakukan pemusnahan dan penghapusan ATB sesuai dengan regulasi yang sudah ada.

Sebelum acara diakhiri, pengurus barang Dindukcapil mengusulkan agar Bidang Aset Daerah membuat surat tertulis perihal penyerahan ATB dalam bentuk CD yang akan dimusnahkan. Kasubbid Pengelolaan Aset menyetujui usulan tersebut dan segera membuat surat yang dimaksud.

Tepat pada pukul 11.30 acara tersebut berakhir dan ditutup oleh Kabid Aset Daerah. (RTH/Yud)

Click here for more information about "Rapat Usulan Penghapusan Aset Tak Berwujud"

Related post to Rapat Usulan Penghapusan Aset Tak Berwujud


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora