Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Aset » Sosialisasi Peraturan Bupati Blora Nomor 16 Tahun 2019

Sosialisasi Peraturan Bupati Blora Nomor 16 Tahun 2019

Posted at May 28th, 2019

BPPKAD Kab. Blora melalui Bidang Aset Daerah mengadakan Sosialisasi Peraturan Bupati Blora Nomor 16 tahun 2019 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemusnahan dan Penghapusan Aset Tak Berwujud di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora. Acara tersebut diadakan pada hari senin tanggal 27 Mei 2019 di Ruang Pertemuan lantai 3 BPPKAD Kabupaten Blora.

Pada sesi pertama, Rudy Tri Hermawan, SE, M.Acc selaku Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi menyampaikan laporan penyelenggara sosialisasi Perbup No. 16 Tahun 2019. Dalam laporannya, Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi menyatakan bahwa peserta sosialisasi kurang lebih berjumlah 88 orang yang terdiri dari Kasubbag Umum Kepegawaian dan Pengurus Barang se-Kabupaten Blora. Adapun tujuan dari penyelenggaraan sosialisasi adalah Perbup No. 16 Tahun 2019 adalah untuk menindaklanjuti temuan BPK dan merespon usulan penghapusan ATB dari OPD.

Setelah laporan panitia penyelenggara, acara berikutnya adalah sambutan dari kepala BPPKAB Blora yang diwakili oleh Sekretaris BPPKAD sekaligus membuka Sosialisasi Perbup No. 16 Tahun 2019. Dalam sambutannya, Sekretaris BPPKAD menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kasubbag Umum Kepegawaian dan Pengurus Barang OPD karena Pemkab Blora meraih opini WTP dari BPK RI. Atas prestasi tersebut, Sekretaris BPPKAD mengingatkan agar seluruh pengelola aset di lingkungan Pemkab Blora tidak cepat puas karena permasalahan pengelolaan aset akan semakin kompleks.

Berdasarkan temuan BPK RI, diketahui bahwa pengelolaan aset tetap Pemkab Blora belum dilaksanakan secara optimal. Salah satu permasalahan yang menjadi catatan adalah pengelolaan Aset tak Berwujud (ATB). Banyak ATB yang belum diketahui keberadaannya, contohnya: buku kajian penelitian dan perangkat lunak komputer. Menindaklanjuti permasalahan tersebut, Bidang Aset Daerah menyusun regulasi khusus pemusnahan dan penghapusan ATB sehingga terbitlah Peraturan Bupati Blora Nomor 16 tahun 2019.

Dengan adanya Perbup ini, pengurus barang diharapkan tidak ragu-ragu lagi mengusulkan penghapusan ATB. Selain membahas tentang penghapusan ATB, Sekretaris BPPKAD juga mengharapkan pengurus barang OPD agar menyampaikan permasalahan pengelolaan aset yang dihadapi kepada Bidang Aset Daerah supaya mendapatkan solusi yang tepat.Setelah menyampaikan sambutan, Sekretaris BPPKAD membuka acara sosialisasi tersebut.

Pada sesi berikutnya, Ibu Sri Widayaningsih, S.Si, M.Si selaku Kabid Aset Daerah menyampaikan paparan tentang proses pemusnahan dan penghapusan ATB pada Perbup No. 16 tahun 2019. Kabid Aset Daerah menghimbau agar pengurus barang segera mengusulkan penghapusan ATB yang tidak digunakan. Nantinya, Bidang Aset Daerah segera memproses usulan penghapusan tersebut sesuai peraturan perundang-undangan.

Setelah paparan Peraturan Bupati Blora Nomor 16 tahun 2019, sesi berikutnya adalah tanya jawab. Pada sesi tanya, secara umum pengurus barang menanyakan proses pemusnahan dan penghapusan ATB. Seluruh pejabat struktural Bidang Aset Daerah menjawab pertanyaan tersebut secara bergantian. Pada intinya, penghapusan ATB didahului dengan pemusnahan. Oleh sebab itu, untuk melakukan pemusnahan harus ada wujud barang yang dimusnahkan. Untuk menindaklanjuti proses pemusnahan ini, pengurus barang yang mengusulkan penghapusan diminta untuk menyerahkan ATB dalam media CD. Setelah melakukan proses pemusnahan maka proses selanjutnya adalah penghapusan ATB dari Daftar Barang Milik Daerah.

Setelah sesi tanya jawab berakhir, Ibu Kabid Aset Daerah menutup seluruh rangkaian acara pada hari itu pada pukul 11.30 WIB. (RTH/Yud)

Click here for more information about "Sosialisasi Peraturan Bupati Blora Nomor 16 Tahun 2019"

Related post to Sosialisasi Peraturan Bupati Blora Nomor 16 Tahun 2019


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora