Website Resmi Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Pendapatan 1 » Sekretariat » Study Komparasi BPPKAD Blora ke Dinas Perdagangan Kota Surakarta

Study Komparasi BPPKAD Blora ke Dinas Perdagangan Kota Surakarta

Posted at July 27th, 2018

Surakarta – BPPKAD Kabupaten Blora mengadakan study komparasi ke BPPKAD Kota Surakarta. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 26 Juli 2018 itu diikuti oleh sebagian staf pada bidang Pendapatan dan beberapa OPD yang terkait dengan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Blora.

Serangkaian kegiatan dalam studi komparasi ini adalah kunjungan ke kantor Dinas Perdagangan Kota Surakarta dan salah satu pasar yang sudah ditunjuk. Ibu Susi, selaku Kepala Bidang Pendapatan pada Dinas Perdagangan Kota Surakarta, menjelaskan bahwa pendapatan retribusi Kota Surakarta pada tahun 2017 mencapai Rp23 miliar. Hal ini didukung dengan adanya penggunaan e-retribusi bagi  seluruh pedagang yang menempati los dan lapak.

Pasar Tanggu adalah salah satu pasar yang sudah menerapkan e-retribusi dan berjalan hampir 100%. Pasar ini terlihat cukup bersih dan rapi dalam penataannya. Seluruh rombongan studi komparasi terpusat pada satu titik yaitu mesin e-retribusi yang ada di depan pintu masuk pasar.

Di tempat tersebut ada seorang penjaga pasar yang menjelaskan penggunaan kartu e-retribusi. Di lain pihak juga ada pedagang yang mempraktikkan cara menggunakan kartu e-retribusi untuk membayar pajak setiap hari.

Setelah mengunjungi Pasar Tanggul, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel yang dibuka dan dipimpin oleh Bapak Sekda Kabupaten Blora yang sekaligus menjabat sebagai Plt. Kepala BPPKAD Kabupaten Blora. Dalam diskusi ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pendapatan pada Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Kepala BPD Jateng Cabang Blora bersama Kepala IT BPD Jateng Cabang Semarang.

Diskusi panel yang berlangsung di hotel The Adiwangsa Kota Surakarta ini berjalan dengan baik dan menarik perhatian peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta. Acara ditutup dengan penyampaian kesimpulan dan do’a oleh moderator.(yud)

Kategori: Pendapatan 1, Sekretariat.

Click here for more information about "Study Komparasi BPPKAD Blora ke Dinas Perdagangan Kota Surakarta"

Write your comment about Study Komparasi BPPKAD Blora ke Dinas Perdagangan Kota Surakarta

Related post to Study Komparasi BPPKAD Blora ke Dinas Perdagangan Kota Surakarta


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora