Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora
Home » Aset » Sosialisasi Aset Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Tahun 2019

Sosialisasi Aset Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Tahun 2019

Posted at November 6th, 2019

Pada tanggal 6 November 2019, Bidang Aset Daerah mendapat kepercayaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blora untuk menjadi narasumber dalam kegiatan “Sosialisasi Aset/Barang Milik Daerah Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Tahun 2019”. Acara yang diadakan di aula atas DKK tersebut dihadiri oleh Kepala TU dan Pengurus Barang Puskesmas sedangkan narasumber dari Bidang Aset Daerah adalah Sri Widayaningsih, S.Si, M.Si selaku Kabid Aset Daerah, Mursid Budijanto, SE selaku Kasubbid Pengelolaan Aset dan Rudy Tri Hermawan, SE, M.Acc, Ak selaku Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi.

Pada kesempatan pertama, Ibu Sri Widayaningsih memberikan pengantar tentang kebijakan pengelolaan aset di lingkungan Pemkab Blora. Beliau juga menjelaskan pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan aset.

“Bapak/ibu peserta sosialisasi saya harapkan mengetahui peran masing-masing pihak dalam pengelolaan aset. Panjenengan harus tahu siapa itu Pengelola Barang, Pengguna Barang, Kuasa Pengguna Barang, Pengurus Barang dan lain-lain. Harapannya, ketika terjadi permasalahan dalam pengelolaan aset, panjenengan tahu kepada siapa akan melaporkannya” jelas Kabid Aset Daerah.

Berikutnya, Rudy Tri Hermawan, SE, M.Acc, Ak menyajikan materi tentang Penatausahaan. Beliau menjelaskan bahwa penatausahaan merupakan salah satu kegiatan dalam siklus pengelolaan BMD.

“Dalam penatausahaan ini ada tiga kegiatan yang dilakukan: pembukuan, inventarisasi, dan pelaporan. Penatausahaan tidak kalah pentingnya dari penghapusan karena setelah ada SK Bupati tentang Penghapusan BMD, bapak/ibu harus mengeluarkan barang tersebut dari KIB pada saat rekon” papar Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi.

Lebih lanjut Kasubbid Pendataan dan Inventarisasi menjelaskan bahwa saat ini ada beberapa peraturan perundang-undangan yang harus diketahui oleh peserta sosialisasi.

“Menurut PP No 12 Tahun 2019, Pengguna Anggaran harus menyusun laporan keuangan setiap bulan dan semesteran. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana kita menyusun laporan keuangan semesteran dan tahunan. Oleh sebab itu, dalam menyusun laporan aset, pengurus barang harus melakukan penyusutan bulanan”

“Selanjutnya, Permendagri No. 108 Tahun 2016 tentang kodefikasi BMD. Dengan adanya kode barang yang baru ini, maka kita harus mencermati adanya perubahan masa manfaat suatu aset. Contohnya: pompa air, yang dulu masa manfaatnya 10 tahun, sekarang menjadi 7 tahun. Hal ini mengakibatkan koreksi penyusutan”

Pada sesi terakhir, Bapak Mursid Budijanto menjelaskan materi pemusnahan dan penghapus. Beliau menekankan bahwa dalam penghapusan, barang yang diusulkan harus ada fisiknya. Apabila tidak ada fisik barang yang diusulkan maka Bidang Aset Daerah tidak dapat memproses penghapusan.

“Intinya, jika bapak/ibu mau mengusulkan penghapusan harus ada barangnnya. Kalau tidak dipenuhi makan hal tersebut akan menyulitkan kami. Selain itu, KPKNL juga mensyaratkan bahwa usulan penghapusan harus sama dengan fisik barangnya” kata Kasubbid Pengelolaan Aset.

Setelah pemaparan dari seluruh narasumber, acara dilanjutkan dengan diskusi. Selama diskusi berlangsung, peserta sosialisasi nampak antusias menanyakan berbagai permasalahan dalam pengelolaan aset.

Tepat pada pukul 12.00 WIB, acara ditutup oleh Ibu Shokiroh selaku Kasubbag Umum & Kepegawain DKK yang mewakili Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora (RTH)

Click here for more information about "Sosialisasi Aset Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Tahun 2019"

Related post to Sosialisasi Aset Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Tahun 2019


Website Resmi Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blora